Rabu, 14 Oktober 2020

MANFAAT BLOGGER

Baca Juga Materi sagusablog dan juga topik Sagusablog dari IGI

Pada Masa Pandemi ini Guru dituntut untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya baik itu kompetensi pedagogik, profesional, sosial maupun kepribadian agar guru senantiasa bisa mengikuti perkembangan zaman yang selalu berubah dengan cepat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan informasi dan hal ini tentunya berimbas pula pada perkembangan dunia pendidikan dan salah satu yang digunakan untuk menyampaikan materi adalah lewat blogger.

Manfaat blog yang didapatkan tiap blogger bisa jadi berbeda-beda, tergantung pada tujuan awal pembuatan suatu blog. Singkatnya, seperti apa jadinya suatu blog nanti, semua kembali kepada si pembuat. Dan itu Anda sendiri.

Banyak orang berpikiran bahwa blog ‘hanya sekedar’ media untuk mengeluarkan opini maupun menyampaikan pendapat. Tentu tidak selalu demikian. Beragam tema blog yang ada di internet seperti blog perusahaan, blog makanan, blog fashion, hingga blog hiburan, misalnya, dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar random posting atau ‘bicara suka-suka’.

Manfaat membuat blog memiliki potensi lain yang jauh lebih dahsyat, bukan hanya bagi si penulis, namun juga bagi pembaca. Dalam artikel ini kami akan mengulas manfaat dari blog yang tidak diketahui oleh banyak orang yang wajib anda ketahui. Kami beri bocoran sedikit ya, selain untuk berbagi pengetahuan, blog bahkan bisa digunakan untuk membangun jaringan dan banyak manfaat lain.

Manfaat Blog

1.    Berbagi tulisan, baik dalam bentuk pengetahuan, cerita, dan pengalaman sehingga orang lain yang mencari suatu topik tertentu dapat menemukan tulisan Anda.

2.    Melatih keterampilan dan kreativitas menulis karena bagi orang yang hobi menulis maka blog akan menjadi sarana mengasah keterampilan menulis.

3.    Dapat menghasilkan uang, misalnya dengan mengikuti PPC, bisnis Afiliate, dan lain-lain.

4.    Memperluas dan membangun jaringan dapat dilakukan dalam dunia blogger. Secara teknisnya, apabila ingin menambahkan komentar maka aka nada record alamat email yang masuk ke kita dan bisa kita gunakan untuk mailing list. Bahkan bisa dijadikan sasaran untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, dengan blogger lain Anda pun dapat saling sharing, bertukar link, dan sebagainya.

5.    Media promosi atau sarana untuk menjual produk karena alasan offline store yang kurang strategis. Dengan makin maraknya dunia online, apapun bisa dijual dan media untuk berjualan secara online pun bisa melalui blog.

6.    Media aktualisasi diri karena seorang blogger akan belajar untuk mengembangkan dan mengeksplor lebih jauh serta berbagi pengetahuan yang dimilikinya melalui sebuah tulisan. Misalnya, Anda suka edit foto maka Anda semakin termotivasi untuk semakin mendalami lalu membagikan di blog. Anda bisa share dan menunjukkan kepada dunia hasil karya Anda.

7.    Media komunikasi dan sosialisasi dengan para pengunjung di blog Anda. Caranya adalah dengan Anda membalas komentar mereka terkait tulisan Anda di blog. Anda pun dapat melanjutkan interaksi saling komentar di dunia nyata dengan cara kopi darat dengan berbagai komunitas blogger.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar